Kamis, 01 Februari 2024

 

PENANAMAN BIBIT
KEBUN BIBIT RAKYAT ( KBR )
DI KTH WANA HARAPAN, DESA MANTREN, KECAMATAN PUNUNG
KABUPATEN PACITAN
CABANG DINAS KEHUTANAN WILAYAH PACITAN


            Kegiatan Pembuatan Kebun Bibit Rakyat ( KBR ) dengan pengelola kegiatan KTH Wana Harapan Desa Mantren, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan telah terlaksana dengan baik pada tahun 2023 dengan rentang waktu bulan Juni sampai dengan bulan Desember 2023. Kegiatan pembuatan KBR ini berjalan dengan lancar dan baik tanpa adanya kendala sampai dengan bibit siap untuk disalurkan. Jenis bibit KBR terdiri dari tanaman kayu-kayuan dan tanaman MPTS. Tanaman kayu-kayuan berupa :

1.    Sengon Laut jumlah 20.000 batang.

2.    Balsa Jumlah 10.000 batang

Sedangkan untuk tanaman MPTS berupa :

1.    Alpukat jumlah 5.000 batang

Total bibit adalah 35.000 batang.


Pendistribusian bibit KBR ini dilaksanakan di 5 Dusun yang ada di wilayah kelola KTH Wana Harapan Desa Mantren, yaitu :

1.    Dusun Krajan Kulon

2.    Dusun Krajan Wetan

3.    Dusun Nglarangan

4.    Dusun Klepu

5.    Dusun Suruhan

Minat masyarakat dalam menanam tanaman kayu-kayuan dan tanaman MPTS sangat besar. Masyarakat menanam tananam kayu-kayuan di lahan tegalan atau hutan dan menanam tanaman MPTS atau alpukat di kebun atau pekarangan sekitar rumah.

            Pendistribusian bibit KBR dilaksanakan pada akhir bulan Desember 2023 sampai dengan bulan Januari 2024, karena adanya kendala intensitas hujan yang terlalu sedikit sehingga masyarakat masih ragu untuk melakukan penanaman karena dikhawatirkan setelah bibit ditanam tidak ada hujan sehingga mengakibatkan bibit merana dan mati.

 


Pendistribusian Bibit KBR


Setelah dilakukan penanaman masyarakat diwajibkan untuk melaporkan hasil penanaman dengan cara mendokumentasikan hasil penanaman atau foto berkoordinat ( Geotek penanaman ). Dokumentasi atau Geotek penanaman ini sebagai salah satu wujud pertanggungjawaban KTH Wana Harapan terhadap keberhasilan kegiatan Pembuatan Kebun Bibit Rakyat ( KBR ) ini. Adapun dokumentasi yang harus diambil oleh KTH Wana Harapan Desa Mantren, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan ini adalah sebanyak 5 % dari target bibit yang dbuat yaitu 5 % x 35.000 batang = 1.750 batang. 

Penanaman bibit KBR dilaksanakan di blok / lokasi yang telah diambil koordinatnya dan telah dilaporkan ke BPDAS Solo. Harapannya penanaman bibit KBR bisa dipantau dan tidak keluar dari titik koordinat blok atau lokasi yang telah ditetapkan di dalam RPB ( Rencana Penanaman Bibit ) yang dituangkan dalam bentuk Peta. Sampai bulan Januari 2024 ini KTH Wana Harapan telah mengambil Geotek penanaman sebanyak 1.750 batang yang hasilnya langsung dikiirm ke Balai Pengeloaan Daerah Aliran Sungai ( BPDAS ) Solo.


Penanaman Bibit KBR Dusun Krajan Kulon 




Penanaman Bibit KBR Dusun Krajan Wetan



Penanaman Bibit KBR Dusun Nglarangan



Penanaman Bibit KBR Dusun Klepu

Dengan adanya kegiatan Pembuatan Kebun Bibit Rakyat ( KBR ) ini, dapat dijadikan sebagai pembelajaran KTH Wana Harapan Desa Mantren, Kecamatan Punung dalam kegiatan Persemaian atau Pembuatan bibit tanaman baik tanaman kehutanan maupun tanaman MPTS. Setelah berakhirnya kegiatan pembuatan KBR ini, KTH Wana Harapan akan melanjutkan pembuatan bibit  secara swadaya dan akan dijadikan sebagai agenda tahunan dari KTH Wana Harapan Desa Mantren, Kecamatan Punung sehingga harapan ke depan Pembuatan Bibit Swadaya ini akan menjadi salah satu kelola usaha KTH Wana Harapan Desa Mantren, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota KTH Wana Harapan serta membantu meningkatkan rehabilitasi hutan dan lahan di Desa Mantren, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan.

 

 

Salam Lestari………!!!!

🌳🌱🌳🌱












Tidak ada komentar:

Posting Komentar